Select Page

Jurusan di PKN STAN info lengkap
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Gmail

Jurusan di PKN STAN info lengkap

Berikut adalah informasi jurusan di PKN STAN

Adik-adik masih ingat kan jurusan apa saja yang ada di Kampus PKN STAN? Nah, kali ini kakak akan sedikit share beberapa mata kuliah(matkul) yang akan adik-adik pelajari jika nanti adik-adik masuk jurusan tersebut, sekaligus .

Akuntansi

Adik-adik akan memperoleh matkul yang berhubungan dengan akuntansi selama tiga tahun kuliah. Mulai dari Pengantar Akuntansi I dan II, yang berisi pengenalan dasar-dasar dalam akuntansi; Akuntansi Keuangan Menengah(AKM) I dan II, yang menjelaskan lebih lanjut terkait dasar-dasar akuntansi di pengantar akuntansi dan terkait aturan-aturan yang digunakan; di tingkat tiga adik-adik akan mempelajari Akuntansi Keuangan Lanjutan(AKL) I dan II, yang menjelaskan transaksi-transaksi yang lebih kompleks seperti penggabungan usaha dan konsolidasi. Selain itu ada mata kuliah Lab Akuntansi yang lebih menekankan pada praktikum atau penerapan teori-teori akuntansi yang sudah diajarkan.

Pajak

Jurusan pajak terdiri dari dua spesialisasi, yaitu Perpajakan dan Penilai. Banyak aturan perpajakan yang akan adik-adik pelajari jika nanti adik-adik menjadi mahasiswa baik prodip I atau III Perpajakan. Mulai dari Pengantar Perpejakan; Pajak Penghasilan(PPh) Pasal 21, 22, 23, 25, 26; Pajak Internasional; Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan Barang Mewah(PPN dan PPnBM); dan masih banyak lagi. Selain itu juga ada Lab PPh yang bertujuan untuk melatih adik-adik dalam menerapkan aturan perpajakan yang telah diberikan.

Untuk spesialisasi Penilai mempelajari hal-hal teknis terkait penilaian atau penaksiran nilai dari sebuah asset, dalam hal ini bumi dan bangunan. Misalnya matkul Ilmu Ukur Tanah; Teknologi Bangunan; Teknik Perencanaan Kota; dan masih banyak lagi.

Bea dan Cukai

Nah, untuk adik-adik yang tertarik dengan jurusan Bea dan Cukai selain akan dididik semi militer mata kuliah yang diajarkan juga cukup menarik(menurut kakak yaa, hehe). Beberapa mata kuliah yang diajarkan yaitu Pengantar Cukai dan Kepabeaan; Pengantar Teknik Perdagangan Internasional; dan Pengetahuan serta Identifikasi Barang.

Menejemen Aset

Dalam jurusan menejemen aset terdapat dua spesialisasi, yaitu spesialisasi Kebendaharaan Negara(KBN) dan Menejemen Aset(MA) itu sendiri. Untuk spesialisasi KBN beberapa matkul yang diajarkan antara lain Perencanaan Anggaran(Teori dan Praktikum beda matkul); Pengelolaan Utang; Perencanaan Kinerja Anggaran; Pelaksanaan Pendapatan dan Belanja Negara(Teori dan Praktikum beda matkul); Pengelolaan Keuangan Daerah; Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah; Pengadaan Barang Jasa Pemerintah; Aplikasi Keuangan Negara; dan masih banyak lagi.

Sedangkan jika adik-adik menjadi mahasiswa menejemen asset PKN STAN, nantinya adik-adik akan melakukan proses menejemen asset. Seperti menganalisis data; melakukan inspeksi atas penugasan yang diberikan, terkait sumber daya yang digunakan, biaya, cara kerja, dan perubahan yang terjadi; identifikasi aseassetenilaian atas kondisi asset dan hal-hal yang berhubungan dengan asset tersebut seperti sisa hidup, pemeliharaan, dan rehabilitasi asset.

Btw, kamu harus belajar di Bimbel Online PKN STAN – soalstan.com untuk mencapai kelulusan yang hakiki 🙂

Share This

Share is Care!

Jika bermanfaat, tolong SHARE sekarang juga

Yuk tanya aja dulu ... chat wa!